Selasa, 06 Mei 2014

Contoh Pidato



Dampak Jejaring Sosial

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang terhormat Bapak/Ibu
Dan teman-teman yang saya cintai

            Mula-mula saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, Keluarga saya terutama orang tua saya yang selalu mendukung saya dalam melakukan segala hal, dan teman-teman saya yang selalu ada bersama saya, terima kasih untuk kesempatan yang diberikan kepada saya untuk dapat berpidato disini. Semoga pidato yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Di era globalisasi yang semakin modern sekarang ini, kita semakin mudah dalam melakukan komunikasi antar sesama dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Kita juga disajikan dengan berbagai media jejaring sosial yang berhubungan melalui jejaring sosial, seperti facebook, twiter, path, dan instagram. Di era ini hampir semua remaja menggunakan jejaring sosial untuk memperluas pertemanan dan mendapatkan hiburan atau bahkan informasi. Dan sudah tidak asing saat menemukan banyak orang tua yang mempunyai akun – akun social media.

         Namun dalam penggunaannya, jejaring sosial juga ikut memberikan dampak bagi si penggunanya antara lain si pengguna akan lebih cenderung menjadikan facebook dan twitter sebagai tempat bermain kapan saja atau sesuka hatinya, hal ini dapat membuat si pengguna menjadi lupa akan kewajibannya masing-masing, seperti malas belajar. Dampak negatif lainnya adalah dapat mengganggu kesehatan dan terkesan hanya menghamburkan uang untuk hal yang tidak berguna.Kita sebagai manusia yang modern tidak boleh tertutup dengan globalisasi terutama dalam hal berkomunikasi dalam jejaring sosial, jadi marilah kita lebih terbuka dan menyikapi jejaring sosial secara positif.
Para hadirin, Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjadikan dampak negatif dari jejaring sosial menjadi positif untuk kita yang kecanduan atau senang bermain facebook atau twitter, jadikanlah sebagai tempat belajar atau tempat kita bertukar informasi. Kita juga dapat membuat kelompok-kelompok belajar di dunia maya dengan begitu kita tidak terkesan menghamburkan uang dengan percuma. Cobalah untuk berpikir bahwa berhubungan dengan orang lain secara langsung akan terkesan lebih sehat karena jauh dari pengaruh radiasi alat teknologi.
Yang kedua, cobalah untuk menggunakan jejaring sosial sebagai media pengembangan diri. Yang saya maksudkan disini adalah kita mencoba untuk merubah cara berpikir kita menuju kedewasaan. Karena jejaring sosial menghubungkan kita dengan orang-orang yang memiliki umur dan status yang berbeda-beda, pastilah kita akan lebih berpikir kedepan dan lebih peka terhadap hal-hal yang berbau masalah sosial.
Yang ketiga, cobalah kita mengajak teman-teman kita di dunia maya untuk berdiskusi mengenai masalah-masalah sosial yang sedang terjadi sekarang. Dalam hal ini kita akan lebih sering mendengar opini-opini masyarakat. Dengan ini kita akan berpikir lebih realistis dan mencoba untuk mengambil keputusan tentang apa yang harus kita lakukan.
Jadi kesimpulannya adalah kita bisa menjadikan jejaring sosial sebagai sebuah buku penuntun kehidupan kita, janganlah kita melihat sisi negatifnya saja, dan saya yakin hasilnya kita akan menjadi orang yang lebih baik. Kita akan lebih mudah bersosialisasi dan berpikir secara realistis. Karena selama kita bisa membuat segalanya baik untuk kita, kenapa tidak ?. Demikian pidato saya, semoga pidato yang sudah saya sampaikan berguna bagi kita semua.

 Wassalamualaikum Wrb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar